Jumat, 19 Desember 2014

Green Techno



Green Techno
Semakin bannyak saja teknologi hijau (green techno) yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga bisa maksimalin penggunaan energy, sampai ngedaun ulang fungsi arang yang sudah dibuang.
Reverse osmosis system
Kota Fukuoka di Jepang pernah mengalami kekeringan pada tahun 1973, bikin alat yang bisa mengubah air laut menjadi air tawar, lewat pusat penyulingan air laut teresar di Jepang, Uminonakamichi Nata.
Prinsipnya, air laut akan ditampung terlebih dahulu setelah itu di ubah menjadi air siap minum dengan mengilangi garam dan zat lain melalui sistem Reverse Osmosis. Caranya canggih. Di bawah laut ada pipa bertekanan tinggi yang punya celah dan cuma bisa dilewati sama air bersih, tetapi garam dan zat mineral lainnya akan tersaring dengan pasir dan batuan laut yang ada di dalamnya. Setelah itu air bersih yang udah terfilter disalurin ke tempat pengolahan dan dimasak menggunakan suhu tinggi, dan disalurin ke rumah warga Fukoka.
Gasifier
            Belanda baru-baru ini juga memanfaatkan kayu bekas untuk menghasilkan listrik pakai teknologi Gasifier yang dinamai Milena Biomass hasil pengemangan Energy Research Center of the Netherland. Karena pakai io massa dengan ahan utama kayu, teknologi ini minim polusi. Perangkat mesinnya terdiri dari limbah kayu yang diolah melalui hasil pembakaran ilmiah memakai alat pengubah karbon jadi gas karondioksida yang mengandung unsur kimia yang setelah dipisah akan menjadi gas murni untuk bahan pembangkit listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar