Mengapa
Produsen Perlu Mengamati Perilaku Konsumen
Tugas
Makalah
Mata
Kuliah : Softskill
Disusun
Oleh :
Wulan
Aqsari Wahyuningsih
NPM
: 17211470
3EA06
Fakultas
Ekonomi
Universitas
Gunadarma
Depok
2014
Kata
Pengantar
Puji syukur kita
panjatkan kepada Tuhan YME,Sehingga penulis
dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah yang berjudul “Produsen Perlu
Mengamati Perilaku Konsume” dengan baik.
Tugas makalah ini saya
ajukan kepada bapak Mujiyana untuk melengkapi nilai softskill. Makalah ini
berisi tentang Mengapa Produsen Perlu Mengamati Perilaku Konsumen.
Pada kesempatan ini
penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak Mujiyana yang telah
membimbing dalam menyelesaikan tugas makalah ini.
Depok,21
Januari 2014
Wulan Aqsari.W
BAB
1
Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang
Seperti yang kita
ketahui di zaman yang sudah modern ini banyak produsen yang bersaing untuk
menarik perhatian konsumen agar produknya tetap diminati oleh para konsumen
baik didalam maupun di luar negeri.Saat ini banyak produsen yang tidak paham
akan bagaimana cara menghadapi para pesaing di pasaran.Sehingga membuat gulung
tikar usaha itu sendiri.
Hal inilah yang
mendasari “Mengapa Produsen Perlu Mengamati Perilaku Konsumen”. Dalam makalah
ini penulis akan membahas tentang produsen dan konsumen,ciri-ciri
konsumen,perilaku konsumen,dll.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang dari masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka perumusan masalah
dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimana
cara produsen mengamati konsumen
2. Konsumen
yang seperti apa yang di harapkan produsen
3. Faktor-faktor
apa saja yang membuat konsumen membeli suatu produk
1.3 Tujuan
Penelitian
1. Untuk
mengetahui cara apa saja yang dilakukan produsen untuk mengamati konsumen
2. Produsen
dapat mengetahui bagaimana sifat konsumen untuk menentukan suatu pilihan
3. Produsen
dapat mengetahui produk apa saja yang diminati oleh konsumen dipasaran
1.4 Manfaat
Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
a. Bagi
Penulis
Dapat menambah pengetahuan dan wawasan
serta dapat menerapkan teori tersebut dikehidupan yang nyata.
b. Bagi
Produsen
Untuk membantu produsen
agar produsen mengetahui teknik bagaimana cara menarik perhatian konsumen,dan
produsen dapat mengevaluasi kekurangan dari produk yang di produksi agar
diminati di pasaran dan tidak kalah saing dengan produk lain.
BAB
II
ISI
2.1 Pengertian Konsumen
Pengeretian
Konsumen adalah setiap orang memakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam
masyarakat,baik bagi kepentingan diri sendiri ,keluarga,oranglain,maupun
makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Orang yang memakai dan
memanfaatkan barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan.
2.2 Pengertian Produsen
Orang
yang menghasilkan barang dan jasa untuk dijual dan dipasarkan.
2.3 Pengertian Produksi
Pengertian
Produksi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu
benda agar menciptakan produk baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi
kebutuhan.Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya
dinamakan produksi jasa.
2.4 Ciri-Ciri Konsumen
1.Personal
Consumer
Konsumen ini membeli
atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunanya sendiri
2.Organizational
Consumer
Konsumen ini membeli atau menggunakan barang/jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan
menjalankan organisasi tersebut.
·
Production Concept
Konsumen
lebih tertarik dengan produk yang harganya lebih murah
·
Product Concept
Konsumen
akan membeli produk yang memiliki kualitas tinggi
·
Selling Concept
Marketer bertujuan
untuk menjual produk yang diputuskan secara sepihak untuk diproduksi
·
Marketing Concept
Perusahaan
memproduksi produk yang diinginkan konsumen
·
Market Segmentation
Membagi
kelompok pasar yang heterogen ke kelompok pasar yang homogen
·
Market Targeting
Memilih
satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk menentukan
·
Posisioning
Mengembangkan pemikiran
yang berbeda untuk barang dan jasa yang ada dalam pikiran konsumen
Menyediakan Nilai
pelanggan didefinisikan sebagai rasio antara keuntungan yang dirasakan
sumber-sumber (ekonomi fungsional dan sikologi) digunakan untuk menghasilkan
keuntungan-keuntungan tersebut.Keuntungan yang telah dirasakan berupa relative
dan subjektif.
Kepuasan pelanggan adalah persepsi individu dari perfoma
produk atau jasa dalam hubungannya dengan harapan-harapan.
Mempertahankan Konsumen adalah bagaimana
mempertahankan supaya konsumen tetap loyal dengan satu perusahaan dibandingkan
dengan perusahaan lain,hamper dalam semua pelanggan baru dibandingkan yang
sudah ada.
2.5 Pengertian Perilaku Konsumen
Perilaku
Konsumen adalah proses beraktifitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian,pemilihan,pembelian,penggunanan,serta pengevaluasian produk da jasa
demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang
mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.Untuk barang berharga jual
rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah,sedangkan untuk
barang berharga jual tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan
pertimbangan yang matang.
Daftar
Referensi
ekakropooh.blogspot.com
BAB
IV
Kesimpulan
Dari makalah ini dapat
diambil kesimpulan bahwa pentingnya pengamatan oleh produsen kepada konsumen.
Agar produsen dapat mengetahui selera pasar apa yang lebih diminati oleh
konsumen,serta lebih mengetahui bagaimana cara menghadapi pesaing dipasaran.
Ada berbagai macam
faktor perilaku konsumen yang harus diketahui oleh seorang produsen yaitu :
faktor pribadi,sosial,budaya, dan psikologi. Agar produsen dapat memahami
konsumen dalam berperilaku saat bertransaksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar